Latest News

Tips Perawatan Luka Pada Kucing

Tips Perawatan Luka Pada Kucing





Pernahkah anda melihat kucing bertengkar? Dan setelah itu anda akan mendapati kucing kesayangan anda dengan banyak luka-luka ditubuhnya. Sebagian luka kucing anda dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada beberapa luka pada kucing yang lebih parah dan membutuhkan perawatan khusus.
Jika melihat luka pada kucing tidak kunjung dan terus berdarah pasti membuat anda semakin iba dan ingin merawatnya. Namun sebenarnya lebih baik untuk menyerahkan perawatan luka pada kucing kepada dokter hewan. Tetapi untuk meminimalisir pengeluaran anda dapat melakukannya sendiri. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk perawatanluka pada kucing anda seperti tips-tips berikut ini :
 Tips Perawatan Luka Pada Kucing

Apabila kucing anda mengalami pendarahan, untuk pertolongan pertama dapat anda lakukan dengan menekan-nekan luka pada kucing secara langsung. Yaitu dengan mengikatnya dengan kain maupun kasa. Letakkan plester di atas kain atau kasa untuk mencegah darah keluar.
Jika terdapat luka lain pada tubuh meong segera rawat luka-luka lain tersebut.
Jika luka tidak mengeluarkan darah, anda cukup membersihkan luka yang terdapat pada kucing tersebut. Bersihkan luka pada kucing dengan menggunakan antiseptik ataupun air. Pergunakan kain atau cotton bud untuk mengoleskan antiseptik. Gunakan antiseptic dari larutan konsentrat dengan kandungan iodin povidon atau klorheksidin. Jangan menggunakan alcohol untuk membersihkan luka pada kucing karena dapat merusak jaringan.
Jika luka kucing berupa goresan yang lumayan dalam atau tusukan benda tajam, maka jangan langsung membasuhnya dengan apapun entah antiseptik maupun air.
Segera bawa kucing anda ke dokter setelah pertolongan pertama tersebut. Karena dokter hewan akan menganalisisnya lebih lanjut, bahkan bila memungkinkan kucing anda akan dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar x.

Beberapa perlakuan tersebut biasa dilakukan oleh dokter hewan. Dokter hewan biasanya akan memotong bulu kucing bila perlu untuk membuat luka yang terdapat pada kucing anda agar tampak lebih jelas. Pada dasarnya, perawatan luka pada kucing ditujukan untuk pencegahan infeksi dan pemulihan dengan lebih cepat. Jika luka kucing anda terlalu parah, anda dapat membawanya ke dokter hewan langsung. Dokter akan memberikan pembiusan agar kucing tidak merasakan kesakitan selama perawatan.


Indah dan Nikmatnya Berbagi..
Kebahagian kita bersama jika anda mau berbagi dengan share postingan ini...
Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan kebahagian kepada kita semua dunia dan akhirat..

Simak juga artikel lainnya :

7. Cara Merawat Kucing Siamese