Latest News

Cat Grooming 3 : Memandikan Kucing sendiri.

Halaman 49
Oleh : Cacang Effendi

Ada Mitos yang mengatakan bila ingin Hujan, siram kucing dengan air. Kenyataannya hampir setiap hari di tempat kami memandikan kucing, dan kadang hujan, kadang tidak tergantung musim. jadi mitos itu tidak punya arti bagi kami.
Tujuan Memandikan kucing adalah untuk membersihkan dari kekotoran, Kucing sendiri secara alami adalah hewan yang suka kebersihan, dia akan menjilat-jilat tubuhnya bila ada kotoran atau terkena air, tetapi yang di lakukannya kurang maksimal, karena ada bagian2 tertentu yang tidak dapat di bersihkan sendiri, misalnya di leher atas, di muka, di kepala dll, Bantuan kita sebagai pemelihara untuk memandikan sangat di butuhkan agar kucing kita menjadi bersih, sehat dan Cantik.

Ada 2 Jenis Memandikan Kucing.
- Mandi kering dengan menaburkan bedak bayi ke badan kucing, ini di lakukan bila kucing basah atau lembab dan ingin dikeringkan secara cepat.
-Mandi basah, ini yang akan kita bahas di halaman ini.


Kapan Kita memandikan Kucing ?
- Bila Kucing kita kotor atau ber bau, misalnya sudah terlihat seperti berminyak rambutnya, terkena kotoran atau mencret.
- Pada saat kita akan memamerkan Kucing atau ikut Cat Show.
- Pada saat kita sedang mengobati kucing yang terkena penyakit Kulit atau Jamur.
- Pada saat Baru lahir.
Di halaman ini saya memberi contoh memandikan kucing se hari-hari.

Bahan-Bahan yang harus disiapkan :
- Air hangat
- Sabun Cair pembersih lemak misalnya Goop atau Mama lemon.
- Shampoo
- Conditioner
- Bedak bayi
- Blower atau Hair dryer.
- Handuk atau Kanebo
- Kapas.


Caranya :
1. Lakukan grooming lihat hal 47 & 48  seperti membersihkan mata, memotong Kuku, Merapihkan rambut dll.

2. Tutup  Kedua Telinga kucing dengan kapas, untuk mencegah air masuk kedalam saluran telinga.




3. Tuangkan mama Lemon atau Goop pada ekor dan seluruh badan kucing , Kucing Jantan dewasa biasanya mengeluarkan kelenjar minyak yang berlebih pada ekornya, bila tidak sering di cuci dengan sabun anti lemak dapat mengakibatkan ekor menjadi tempat bertumbuhnya jamur dan membuat bulu ekor rontik sehingga ekor terlihat kecil.
Lakukan dengan menuangkan sabun cair ke tangan dan sebarkan secara merata keseluruh tubuh. remas2 rambut selama 10- 15 menit.


4. Siram atau bersihkan rambut dengan air hangat sampai tidak ada lagi busa sabun.


5, Tuangkan shampo yang telah di encerkan, ikuti aturan pakai shampo, teteskan pada kulit badan dengan cara membuat lajur pada rambut basah, buat 4-5 lajur, tujuannya agar shampo tidak terbuang dan dapat merata diseluruh badan, kalau hanya diteteskan diatas rambut penyebaran shampo hanya ada di bagian luar. setelah itu remas2 sampai merata.




6. Siram kembali dengan air hangat sampai Busa2 nya hilang


7. Tahap terakhir teteskan conditioner, Perlakuannya sama seperti tahap ke 5.


8. Bersihkan kembali dengan air hangat ,sampai benar2 bersih, tidak boleh ada residu shampo yang tertinggal, karena dapat menyebabkan  kulit berkerak.



9. Diangkat dari bak mandi dan di keringkan dengan Handuk atau Kanebo.




10. Lakukan Pengeringan , harus benar2 kering, bila tidak  kering ada kemungkinan kulit yang lembab menjadi sumbernya jamur .


Memandikan kucing sendiri sangat membantu mengurangi tingkat stres kucing karena perjalanan dan suasana Baru di tempat grooming, hal ini juga sangat baik untuk meningkatkan hubungan kita dengan kucing peliharaan kesayangan kita dan tentunya menghemat uang anda.
Kenapa Kita tidak mulai mencoba memandikan kucing kita sendiri ?.


GC RW Goteekatz Heist
Owner : Chandra cattery.


Foto dan tulisan  di artikel di buat oleh penulis berdasarkan karya sendiri dan pengalaman, karena itu bila anda ingin men share artikel ini, kami mohon untuk menuliskan sumber nya.

Bila anda tertarik untuk bekerja sama untuk mengadakan kegiatan bersama SBKR atau mendiskusikan masalah kucing anda bergabunglah dengan SBKR : http://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/

Baca halaman sebelumnya ada banyak informasi tentang cara merawat, pengobatan, tip2 beternak kucing.

Bila anda ingin memelihara kucing persia dan exotic kunjungi : www.chandracattery.com atau http://www.facebook.com/chandracattery







Diskusi tentang masalah kucing bergabunglah dengan Forum diskusi SBKR di Face book : http://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/