Latest News

Cat Grooming 2 (Perawatan Kucing Bulanan)

Halaman 48
Oleh : Cacang Effendi



Seperti Juga kita, Kucing akan terlihat cantik dan sehat bila kita merawatnya dengan benar dan dilakukan secara Rutin. Perawatan yang dilakukan setiap Mingguan, 2 mingguan atau bulanan adalah :
- Membersihkan Lubang Telinga
- Memotong Kuku Kucing.
- Memotong Rambut
- Memandikan




Grooming Mingguan
- Membersihkan Lubang telinga

Tujuan : - Menghilangkan kotoran yang terbentuk dalam lubang telinga, kotoran yang tidak di bersihkan dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri atau parasit dalam telinga yang dapat mengakibatkan radang pada telinga dan penyakit kulit lainnya.

Bahan2 yang di butuhkan :
-Cotton Bud
- Baby oil.





Caranya : 

Buka Telinga Kucing





Bersihkan dengan Cotton Bud yang telah di basahi oleh Baby Oil.



Grooming 2 Mingguan- Bulanan.
- Memotong Kuku Kucing.
- Memotong/merapihkan Rambut Kucing


Memotong Kuku Kucing
Tujuan : Agar Kuku kucing tidak terlalu Panjang, Kuku yang panjang akan menyakiti kucing bila berjalan, selain itu dapat membahayakan pemilik sewaktu kita bermain dengan kucing kesayangan kita atau kucing sedang Marah. Kuku yang pendek membuat kucing berkurang insting untuk mengasah kuku sehingga mengurangi risiko kerusakan pada furniture atau sofa di rumah kita.

Alat yang di butuh kan :
- Gunting Kuku.




Caranya :
Pegang kaki kucing, dan masukkan Kuku yang akan di potong ke gunting kuku, kuku yang di potong hanya kuku yang sudah mati, jangan sampai terkena kuku yang masih ada pembuluh darahnya.




Memotong dan merapihkan Rambut Kucing.
Tujuan agar rambut kucing terawat dan rapih, tidak berantakan, sama seperti kita, kenapa kita harus rutin memotong atau merapihkan rambut kita ke Salon.

Ada beberapa bagian rambut yang Umum di rapihkan, tentunya tergantung dari ras kucingnya dan rambutnya, Untuk kucing Persia umumnya yang di rapihkan atau di potong rambutnya adalah pada bagian sebagai berikut :
- Rambut Ujung kuping.
- Rambut pada telapak Kaki.
- Rambut pada Ujung Buntut.
- Rambut pada bagian Muka.

Alat yang di butuh kan
- Gunting Rambut 




Memotong Rambut pada ujung kuping Kucing Persia/ Exotic.
Tujuan agar Kuping terlihat kecil dan Bulat, biasanya di lakukan untuk kucing2 Ras yang mempunyai standar kuping kecil dan Bulat seperti ras Persia dan Ragdol, tetapi tidak berlakuk untuk kucing ras Maine coon dan kucing yang mempunya standart kuping tinggi.

Caranya : 
Pegang ujung Kuping seperti di gambar, ujung kuping sejajar dengan jari kita tujuannya jangan sampai daun kuping ikut terpotong.



Gunting Ujung rambut nya sehingga rata dengan Daun telinga.





Memotong Rambut pada Ujung Buntut.
Tujuan : Agar Buntut Kucing terlihat besar tidak lancip.


Caranya :
Pegang ujung buntut yang akan di potong, lalu di  gunting. Potong ujung rambut saja, untuk membuat rambut buntut besar,  jangan sampai ujung ekor terlihat


Rambut buntut setelah di potong






Memotong Rambut Pada telapak kaki Kucing
Tujuan : Agar kucing tidak sakit waktu berjalan dan tidak mudah terpeleset.

Caranya : 
 Pegang kaki kucing, balik kakinya sehingga terlihat telapak kakinya. dan di potong rambutnya.





Merapikan Rambut wajah
Tujuan : Untuk membuat wajah kucing terlihat rapi dan bulat, biasanya di lakukan untuk Kucing Persia.

Caranya :

Tarik dengan tangan rambut yang akan di rapih kan



Di gunting rambut yang tidak rata





Hasil setelah di potong



Lakukan pemotongan pada sisi lain.



Kadang kita merasa takut untuk memotong rambut kucing, semua sama. tetapi jangan takut dan terus berlatih, bila salah ulang lagi sampai anda mahir, karena dengan terus berlatih kita akan menjadi mahir. Dan perlu di ingat rambut kucing sama dengan rambut manusia, bila botak akan dapat tumbuh kembali.

Lihat Gambar di Bawah , kucing yang perawatan nya sangat Baik , Kucing ini mempunyai title Grand Champion Regional Winner (GC RW Gotteekatz Heist , Owner : Chandra Cattery).





Foto dan tulisan  di artikel di buat oleh penulis berdasarkan karya sendiri dan pengalaman, karena itu bila anda ingin men share artikel ini, kami mohon untuk menuliskan sumber nya.

Bila anda tertarik untuk bekerja sama untuk mengadakan kegiatan bersama SBKR atau mendiskusikan masalah kucing anda bergabunglah dengan SBKR : http://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/

Baca halaman sebelumnya ada banyak informasi tentang cara merawat, pengobatan, tip2 beternak kucing.

Bila anda ingin memelihara kucing persia dan exotic kunjungi : www.chandracattery.com atau http://www.facebook.com/chandracattery







Diskusi tentang masalah kucing bergabunglah dengan Forum diskusi SBKR di Face book : http://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/