Latest News

Harga Kucing Maine coon tergantung pada Kualitas Kucing .

Halaman 57
Oleh : Cacang Effendi


Peternak dan peminat kucing Maine coon makin banyak di Indonesia. kucing ras ini menjadi kucing terpopuler no 3 di Indonesia saat ini. Tentunya ini pun berdampak pada harga kucing mainecoon , begitu pula mulai marak penipuan dengan menyebut kucing campuran sebagai kucing ras mainecoon, untuk membohongi konsumen yang tidak mengerti tentang kualitas kucing, Bila anda tidak mengerti tentang standart kucing mainecoon , tetapi ingin memelihara kucing ini , cara termudah adalah membeli dari peternak yang mempunyai reputasi, bisa mencarinya melalui google search atau bergabung di grup Mainecoon SBKR  di facebook  link nya adalah : https://www.facebook.com/groups/Mainecoon.SBKR/   di grup itu kadang ada member yang meng iklan kan kucing mainecoon nya di sertai harga, jadi anda dapat menghubungi breeder nya.

Untuk anda yang tertarik untuk mengetahui lebih detil tentang standart kucing maine coon bisa membacanya lebih detil di sini . Standart kucing Maine coon ini sudah saya masukkan sebagai bahan diskusi di grup FB Mainecoon SBKR.

Perkembangan kucing maine coon di Indonesia sangat pesat, dan popularitas nya meningkat, tetapi pengetahuan tentang kwalitas Maine coon masih kurang, baik dari breeder nya maupun pencinta kucing maine coon, jadi kadang mereka hanya membeli berdasarkan kesukaan terhadap warna dan coating bukan dari profile. Penilaian kwalitas kucing maine coon lebih sulit dari persia /exotic, yang ciri utamanya langsung terlihat dari ekstrimitas hidung. sedangkan untuk kucing Mainecoon kita harus lebih detil dalam melihat bentuk kepala, badan dan ekor. Di grup ini saya banyak membuat latihan untuk melihat bentuk kepala / muka MC, karena ciri lain seperti badan panjang, tidak boleh Cobby, buntut panjang/ tidak pendek itu langsung terlihat. Sesuai standart MC utk kepala adalah : Kuping tinggi agak sedikit miring, jarak antara kuping ideal,ada bulu kuping lebih di sukai, Moncong kotak dan jelas,Tidak boleh terlalu jauh dan terlalu dekat, harus proporsional, mata besar dan sedikit almond karena tertutup kelopak mata atas, tetapi pada saat ada ekpresi menarik mata terlihat membulat, dagu terlihat kuat, batang hidung ada sedikit lekukan tetapi tidak boleh terlalu dalam , tinggi dari dagu bawah ke atas kepala lebih tinggi sedikit di bandingkan dengan lebar muka. Mari kita latihan lagi, kita belajar bersama, salah benar tidak apa karena kita sama2 belajar. identifikasikan mana yang menurut anda kucing show Quality dan breed quality ? show quality = sesuai standart kalau di show kan akan mendapat gelar GC/GIC sedangkan Breed Quality = kucing yang standart nya kurang sempurna , kalau di show kan mungkin hanya akan mendapat gelar Champion saja.


Jawaban nya adalah SBB :
Yang show quality adalah B,C,E dan Yang Breed Quality adalah A, D . Secara umum bila di lihat dari bentuk Moncong dan Dagu di kelima gambar semua bagus, hanya ada faktor lain yang mempengaruhi, untuk A kekurangan nya adalah Jarak Kuping yang terlalu jauh, sedangkan untuk D kuping terlalu kecil dan bentuk kuping terlalu bulat seharusnya bentuk kuping maine coon harus point tetapi agak membulat seperti B,C,E. Tentunya dalam menentukan kwalitas MC selain dari faktor muka , juga di perlukan penilaian bagian lain misalnya Ukuran Badan, bentuk kaki depan dan belakang, panjang badan , rambut nya, ekor nya, warna rambut dll, Di CFA ada beberapa hal yang di diskwalifikasi misalnya Polydactil, warna Thicked Tabby, cacat spt Buntut bengkok, rahang undershot, begitu juga di Fife ada tambahan ukuran badan yg terlalu kecil. 


Apakah ada perbedaan dalam menentukan kwalitas kucing Mainecoon antara Cat fancier Association (CFA)  yang ber pusat di USA dengan FIFE yang berpusat di Eropa ?

Banyak yang menyatakan Kucing maine coon standart CFA berbeda dengan standart FIFE , Dibawah ada gambar kucing Grand Champion CFA dan ada juga Grand International Champion FIFE, Menurut anda mana yang GC CFA dan GIC FIFE, tolong isi komentar dan tulis kode nya. ayo kita belajar sama2, untuk lebih mengerti profile maine coon.


Jawabanya adalah GC CFA :
 A,B,D,F dan GIC FIFE : B,C,D,E , kebetulan pemilik Kucing B,D ikut show di CFA dan FIFE jadi dapat gelar di kedua organisasi tersebut kucing nya. Dari melihat dan membaca breed standart kedua organisasi kucing isi nya hampir sama, perbedaannya dalam pembobotan angka dalam menilai kucing untuk show , Di CFA Kepala 30, badan 30 , coat 20, color 15, balance 5, di Fife kepala 40, badan 35, coat 15, color 5. condition 5, jadi dapat disimpulkan standart kucing MC sama, hanya kalau mau ikut show CFA grooming dan perawatan rambut MC mendapat nilai yang tinggi, selain phisik yang baik dan sesuai standart. sedangkan di Fife perawatan rambut /grooming penilaiannya tidak terlalu besar. Jadi salah kalau ada pernyataan antara Tipe MC amerika dan Eropa. Standart yang benar berbeda dengan kesukaan, kalau kesukaan mungkin benar ada yang suka tipe Wild/eropa dan Tipe show/Usa . tetapi kalau anda ingin sukses breeding tentunya harus mengikuti standart yang benar atau Tipe show.

Melihat bentuk muka Mainecoon dari Samping.
Masih melihat Bentuk Muka MC, Bila di lihat dari samping mana yang menurut anda terbaik dan kenapa ? silahkan jawab di kolom komentar. kami sangat harapkan partisipasi interaktif dan tanya jawab, jadi nanti kita benar2 menguasai pengetahuan tentang MC.



Jawaban yang benar adalah C , sebenarnya B juga bagus , hanya ada benjolan di lekukan batang Hidung , Sama seperti kucing persia yang tidak boleh ada benjolan di jidat kepala nya, benjolan pada lekukan yang ada di hidung MC pun akan berpengaruh di nilai penjurian. sedangkan C mulus tidak ada benjolan. lihat gambar bawah.


Benjolan di batang hidung lebih terlihat jelas pada posisi kucing menunduk.



Bentuk dan warna mata Kucing maine coon .
menilai bentuk dan warna mata Kucing MC, seperti biasa mana warna dan bentuk mata yang ideal untuk kucing MC dari 4 gambar di bawah ini ?.

Menurut standart : 
CFA : EYES: large, expressive, wide set with an opened oval shape.
Slightly oblique setting with slant toward outer base of ear. EYE COLOR: eye color can be shades of green, gold, green-gold
or copper. Blue-eyes or odd-eyes are also allowed f
or white or bicolor
(including vans) patterned cats . 

FIFE : Large and widely set, Slightly oval but not almond set, appear round when wide open, Set slightly slanted towards the outer base of the ear, Eye color : any color is permitted. jadi ini jawaban dari organisasi CFA dan Fife, sama bukan ?

Jadi sebenarnya mata MC yang baik harus bulat dan besar, tetapi kelopaknya tidak bulat dan harus sedikit oval , dan arah ujung kelopak bila di tarik garis akan menyentuh kuping bagian bawah yang paling luar. jadi jawaban yang benar adalah ?

Jawabannya adalah B, di bawah adalah gambar MC yang saya tarik garis dari ujung kelopak mata bawah, jadi memang kucing mainecoon harus berkelopak, kelopak inilah yang berbentuk sedikit oval.



Bandingkan dengan mata exotic dan persia yang kelopak matanya juga bulat. seperti gambar di bawah.




Bentuk Kuping 
Tinggi , besar di bagian bawah dan makin kecil di ujungnya dengan point yang membulat. ada nya  rambut  panjang di ujung membuat kuping terlihat tinggi, menambah nilai kuping.





Bentuk badan, panjang  buntut dan Rambut.
Bentuk badan panjang tidak cobby  dan buntut juga panjang dengan bulu rambut yang melambai. Rambut bagian punggung atas tidak panjang tetapi panjang di bagian perut, adanya rambut di leher atau syal menambah nilai .
Berat badan ideal untuk MC jantan dewasa berkisar antara 6 kg ke atas, sedangkan untuk betina harus diatas 4,5 kg tentunya makin besar kucing mainecoon makin menarik .



Wajah ideal Maine coon,
Setelah kita mempelajari profile diatas , dan lebih mengerti tentang wajah maine coon, mari kita coba , mana wajah ideal mainecoon.
Dari Ketiga Wajah di bawah , wajah mainecoon yang mana yang paling ideal untuk anda, tulis di komentar jawaban anda A atau B atau C , dan kenapa anda suka itu.

Jawaban nya : standart maine coon yang baik untuk kepala mainecoon memang Yang B , mulai dari jarak kuping yang baik, bentuk kuping dan bentuk moncong dan dagu yang proporsional.


Harga Kucing Maine Coon :

Untuk mendapat kan Kucing Maine coon  Show quality di pasaran tidak mudah dan tentunya mempengaruhi harga nya , umumnya harga kucing Mainecoon show quality berkisar diatas Rp 15 jt.

Untuk breed quality ini lebih banyak dan harganya berkisar antara 8-12,5 jt

Untuk Pet quality ras muni tentunya harga di bawah pet quality.

Sumber referensi :
- www.cfa.org
- http://fifeweb.org/
-Gambar diambil dari google picture.

Bila anda mencari kucing mainecoon berkwalitas  Kunjungi : Peternakan kucing mainecoon Chandra cattery bekasi  :  https://www.facebook.com/brightlunarcattery/photos_stream?tab=photos_albums

Selain menulis Blog ini , Cacang Effendi  Menulis buku "Kucing" yang telah beredar di Gramedia dan toko buku besar lainnya di seluruh Indonesia, dan sering di undang sebagai Nara sumber dan juri Kucing di berbagai acara cat show ,  sebagai pemilik Chandra Cattery,  yang telah mengembang biakan kucing lebih dari 15 tahun. kucing ras yang diternakkan adalah Persia, Exotic, Maine coon, British Shorthair, Sphynx, Bengal, American Short Hair, Siamese, Oriental, Ragdoll. Pendiri grup SBKR, Presiden Club Cat Fancier Society of Indonesia  (CFA club di Indonesia).




CFSI akan mengadakan CFA International  show 12 ring di  Festival City Link Bandung tg 29-30 Agustus 2015, Show terbesar di Indonesia dengan 12 Juri dengan peserta dari manca negara seperti Malaysia dan Thailand , Jadi bukan hanya peserta lokal dengan juri asing seperti yang sering  terjadi saat ini. catat tanggalnya, dan daftarkan kucing anda sebelum ke habisan Kuota. informasi lebih lengkap dapat di lihat di web http://champofthechamp.com/